Sabtu, 20 Juli 2013

Manfaat susu pada saat vaksinasi ayam

Kandungan protein yang tinggi didalam Susu (full cream milk / skim milk ) mampu mengikat logam berat, kesadahan dan adanya residu klorin
Susu (full cream milk / skim milk ) merupakan salah satu produk stabilizer air yang akan digunakan untuk vaksinasi melalui air minum. Sebagai stabilizer, Susu dapat memperbaiki mutu air yang akan digunakan sebagai pelarut vaksin melalui air minum. Selain itu, susu juga dapat mengikat logam, ion-ion Ca2+ & Mg2+ dari air sadah yang dapat merusak vaksin.
Mekanisme kerja Susu sebagai stabilizer dapat dijelaskan dari protein yang terkandung di dalamnya. Sifat protein yang mudah berikatan dengan logam akan menyebabkan berat molekul protein bertambah dan terdenaturasi. Akibatnya lama-kelamaan akan mengendap dan logam pun tidak dapat menganggu stabilitas virus vaksin.
Penambahan 2,5 ppm skim milk dapat menetralkan sampai 4 ppm klorin bebas, dengan demikian dapat mencegah gangguan saat vaksinasi. Oleh karena itu tambahkan minimum 10 gram susu tiap 5 liter air, aduk sampai rata dan biarkan selama 15-30 menit baru campurkan vaksin ke dalamnya.
Cegah kegagalan Vaksinasi lewat air dengan penambahan susu atau stabilizer yang lain...
Selamat Beternak...

1 komentar:

  1. Dok. nanyak nih. apakah susu full cream seperti indomilk atau yg sejenis dapat meningkatkan kesehtan &berat badan ayam broiler.?

    BalasHapus